PENYAKIT PADA LIDAH MANUSIA

Masalah Pada Lidah Manusia

Masalah Pada Lidah Manusia
Image : Google

Meskipun sering dianggap sebagai "otot terkuat dalam tubuh," lidah terdiri dari kelompok otot yang memungkinkan kita untuk mencicipi makanan, menelan, dan berbicara. Sebuah sehat lidah merah muda dan ditutupi dengan nodul kecil yang disebut papila.
Karena Anda menggunakan lidah Anda terus-menerus, itu bisa membuat frustasi dan tidak nyaman ketika Anda mengalami masalah lidah , termasuk perubahan warna dan rasa sakit. Ada berbagai penyebab sejumlah gejala lidah umum. Untungnya, sebagian besar masalah lidah tidak serius dan sebagian besar dapat diselesaikan dengan cepat.
Dalam beberapa kasus, meskipun, lidah berubah warna atau menyakitkan dapat menunjukkan kondisi yang lebih serius, termasuk kekurangan vitamin, AIDS , atau kanker mulut . Untuk alasan ini, penting untuk mencari nasihat medis jika Anda memiliki masalah yang sedang berlangsung dengan lidah Anda.

Apa Penyebab Lidah Putih?

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan lapisan putih atau bintik-bintik putih untuk mengembangkan di lidah, termasuk:
  • Leukoplakia . Kondisi ini menyebabkan sel-sel di mulut tumbuh berlebihan. Itu, pada gilirannya, menyebabkan pembentukan bercak putih di dalam mulut , termasuk di lidah. Meskipun tidak berbahaya sendiri, leukoplakia bisa menjadi pelopor untuk kanker .Jadi, penting untuk dokter gigi Anda untuk menentukan penyebab bercak putih di lidah Anda.
  • Oral thrush . Juga dikenal sebagai kandidiasis , mulut sariawanadalah infeksi jamur yang berkembang di dalam mulut . Hasil kondisi bercak putih yang sering keju cottage-seperti konsistensi pada permukaan mulut dan lidah. Sariawan ini paling sering terlihat pada bayi dan orang tua, terutama pemakai gigi tiruan, atau pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Orang dengan diabetesdan orang yang memakai steroid inhalasi untuk asma atau penyakit paru-paru juga bisa mendapatkan thrush. Sariawan lebih mungkin terjadi setelah penggunaan antibiotik , yang dapat membunuh bakteri "baik" di dalam mulut. Makan yoghurt polos dengan kultur hidup dan aktif dapat membantu mengembalikan fauna yang tepat di mulut Anda. Selain itu, obat-obatan dapat digunakan untuk memerangi infeksi.
  • Oral lichen planus . Jika Anda memiliki jaringan garis putih dibesarkan di lidah Anda yang memiliki penampilan renda-seperti, Anda mungkin menderita mulut lichen planus . Dokter sering tidak dapat menentukan penyebab kondisi ini, yang sering sembuh dengan sendirinya. Berlatih kebersihan gigi yang tepat, menghindari tembakau, dan membatasi asupan makanan yang menyebabkan iritasi pada mulut Anda mungkin membantu.

Apa Penyebab Red atau Strawberry Lidah?

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan lidah biasanya merah muda berubah menjadi merah.Dalam beberapa kasus, lidah bahkan dapat mengambil penampilan strawberry dengan diperbesar, selera merah menghiasi permukaan. Kemungkinan penyebab antara lain:
  • Kekurangan vitamin . Kekurangan asam folat dan vitamin B-12 dapat menyebabkan lidah Anda untuk mengambil penampilan kemerahan.
  • Lidah geografis . Kondisi ini, juga dikenal sebagai glositis migrasi jinak , adalah nama untuk pola peta-seperti bintik-bintik kemerahan yang berkembang pada permukaan lidah. Kadang-kadang, patch ini memiliki perbatasan putih di sekitar mereka dan lokasi mereka di lidah bisa berubah dari waktu ke waktu. Meskipun biasanya tidak berbahaya, Anda harus memeriksa dengan dokter gigi Anda untuk menyelidiki bercak merah yang bertahan lebih lama dari 2 minggu.Setelah dokter gigi telah menentukan bahwa kemerahan adalah hasil dari lidah geografis, tidak ada perawatan lebih lanjut diperlukan. Jika kondisi membuat lidah sakit atau tidak nyaman, Anda mungkin diresepkan topikal obat untuk meringankan ketidaknyamanan.

  • Demam scarlet . Orang-orang yang mendapatkan infeksi ini dapat mengembangkan lidah strawberry. Pastikan untuk menghubungi dokter segera jika Anda memiliki tinggi demam dan lidah merah.Pengobatan antibiotik diperlukan untuk demam berdarah .
  • Sindrom Kawasaki . Penyakit ini, biasanya terlihat pada anak-anak di bawah usia 5, mempengaruhi darah pembuluh dalam tubuh dan dapat menyebabkan strawberry lidah. Selama fase parah penyakit, anak-anak sering menjalankan sangat demam tinggi dan juga mungkin memiliki kemerahan dan bengkak di tangan dan kaki.

Apa Penyebab Lidah Berbulu Hitam?

Meskipun mengganggu dalam penampilan, hitam, lidah berbulu biasanya tidak serius. Benjolan kecil di permukaan lidah Anda, yang disebut papila, tumbuh sepanjang hidup Anda. Pada beberapa orang, papila yang menjadi terlalu panjang, bukannya lelah dengan aktivitas sehari-hari. Yang membuat mereka lebih mungkin untuk pelabuhan bakteri. Ketika bakteri ini tumbuh, mereka mungkin terlihat gelap atau hitam dan papila ditumbuhi muncul rambut -seperti.
Kondisi ini tidak umum dan paling mungkin terjadi pada orang yang tidak berlatih kebersihan gigi yang baik. Orang-orang yang berada diantibiotik atau menerima kemoterapi dan orang-orang dengandiabetes lebih mungkin untuk memiliki lidah berbulu hitam .

Apa Penyebab suatu Lidah Sore atau bergelombang?

Ada banyak hal yang bisa membuat lidah Anda untuk menjadi sakit atau menyebabkan benjolan menyakitkan untuk membentuk, termasuk:
  • Terbakar sindrom lidah . Beberapa wanita menopause mengembangkan sindrom ini, yang membuat lidah merasa seolah-olah telah dibakar.
  • Papila membesar . Jika salah satu atau lebih dari selera Anda menjadi meradang atau terjadi iritasi, bisa membengkak dan membentuk benjolan yang menyakitkan di lidah Anda.
  • Kondisi medis tertentu . Kondisi medis, termasuk diabetes dananemia , dapat memiliki lidah sakit sebagai gejala.
  • Kanker mulut . Meskipun sebagian besar lidah sakit yang tidak perlu khawatir, Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki benjolan atau sakit di lidah Anda yang tidak hilang dalam satu atau dua minggu. Banyak kanker mulut tidak terluka dalam tahap awal, jadi jangan menganggap kurangnya rasa sakit berarti ada yang salah.
  • Trauma . Sengaja menggigit lidah atau mendidih pada sesuatu langsung keluar dari oven dapat mengakibatkan lidah sakit sampai sembuh kerusakan. Grinding atau mengepalkan gigi juga dapat mengiritasi sisi lidah dan menyebabkan itu menjadi menyakitkan.
  • Merokok . Merokok berlebihan dapat mengiritasi lidah Anda dan membuatnya sakit.
  • Sariawan . Banyak orang akan mengembangkan mulut ini bisul di lidah akhirnya. Penyebabnya tidak diketahui, meskipun mereka dapat lebih buruk selama periode tinggi stres . 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.