Pos Kesehatan Desa ( POSKESDES ) Desa Siaga - Desa Sumberduren



Desa Sumberduren - Desa siaga adalah suatu konsep peran serta dan pemberdayaan masyarakat di tingkat desa, disertai dengan pengembangan kesiagaan dan kesiapan masyarakat untuk memeliharakesehatannya secara mandiri.

Konsep desa siaga adalah membangun suatu sistem di suatu desa yang bertanggung jawab memelihara kesehatan masyarakat itu sendiri, di bawah bimbingan dan interaksi dengan seorang bidan dan 2 orang kader desa. Di samping itu, juga dilibatkan berbagai pengurus desa untuk mendorong peran serta masyarakat dalam program kesehatan seperti imunisasi dan posyandu (Depkes 2009).

Secara umum, tujuan pengembangan desa siaga adalah terwujudnya masyarakat desa yang sehat, peduli dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan di wilayahnya. Selanjutnya, secara khusus, tujuan pengembangan desa siaga (Depkes, 2006), adalah :
  1. Meningkatnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat desa tentang pentingnya kesehatan.
  2. Meningkatnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa.
  3. Meningkatnya keluarga yang sadar gizi dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.
  4. Meningkatnya kesehatan lingkungan di desa.
Suatu desa dikatakan menjadi desa siaga apabila memenuhi kriteria berikut (Depkes, 2006) :
  • Memiliki 1 orang tenaga bidan yang menetap di desa tersebut dan sekurang-kurangnya 2 orang kader desa.
  • Memiliki minimal 1 bangunan pos kesehatan desa (poskesdes) beserta peralatan dan perlengkapannya. Poskesdes tersebut dikembangkan oleh masyarakat yang dikenal dengan istilah upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM) yang melaksanakan kegiatan-kegiatan minimal :
  • Pengamatan epidemiologis penyakit menular dan yang berpotensi menjadi kejadian luar biasa serta faktor-faktor risikonya.
  • Penanggulangan penyakit menular dan yang berpotensi menjadi KLB serta kekurangan gizi.
  • Kesiapsiagaan penanggulangan bencana dan kegawatdaruratan kesehatan.
  • Pelayanan kesehatan dasar, sesuai dengan kompetensinya.
  • Kegiatan pengembangan seperti promosi kesehatan, kadarzi, PHBS, penyehatan lingkungan dan lain-lain.
Desa sumberduren telah memenuhi dalam kriteria menjadi Desa Siaga. Fasilitas Pos Kesehatan desa sumberduren memiliki 2 tenaga medis yang menetap, 1 bangunan , pelayanan 24 jam , serta ambulan yang setiap minggu bersiaga dalam keadaan darurat. tenaga medis di desa terdiri dari bidan dan perawat yang siap melayani masyarakat setiap saat.

Dalam keadaan darurat, Desa sumberduren selama ini masih belum mampu menangani masyarakat yang membutuhkan pertolongan lanjutan atau dalam keadaan gawat darurat dan harus di bawa kerumah sakit. Jalan desa yang bebatuan dan jauh dari pelayanan kesehatan utama atau rumah sakit mengakibatkan pasien yang di bawa ke rumah sakit dalam perjalanan kadang terkendala dan mengakibatkan meninggal dunia. Gambaran jalan di desa sumberduren bataun dan kondisi jalan naik turun , dengan kemiringan yang lumayan manantang.

Semoga perhatian pemerintah dalam menangani desa sumberduren menjadi hal yang urgen, sehingga desa siaga sumberduren beroprasi secara maksimal. sekian dan semoga bermanfaat.

  


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.